Senin, 02 Maret 2009

AJAX (Asyncronous Javascript and XML)

Keyword : Ajax, Asyncronous Javascript and XML, HTML (Hypertext markup language), CSS

Apa itu ajax?

Pertanyaan selanjutnya adalah apa sebeneranya teknologi ajax itu? AJAX adalah kependekan dari Asyncronous Javascript and XML..

Jika kita jabarkan secara mudah adalah teknologi web yang memakai javascript dan XML secara Asinkron. Jadi sebenarnya AJAX bukanlah teknologi baru, melainkan teknologi lama (javascript dan XML) yang dipakai dengan cara baru. Lalu apa yang di maksud dengan asinkron? Mudahnya dengan ajax, kita bisa membuat website lebih interaktif karena hanya bagian halaman tertentu yang berubah saat kita berinteraksi dengan web. Salah satu Contohnya ketika anda membuat email dengan Yahoo! Anda akan disuruh mengisikan userid. Ketika kita mengisikan userID secara otomasis data userID dikirim ke server dan dibandingkan dengan data yang ada, jika userID sudah dipakai maka server akan mengirim pesan bahwa USERID tidak tersedia dan ada diminta untuk mengganti USERID , padahal kita belum menekan tombol submit.
ajax

Kelebihan AJAX
Ada beberapa kelebihan dari ajax diantaranya
1. Hemat bandwidth
Dengan Teknologi ajax, kita bisa menghemat bandiwdh karena ketika berinteraksi dengan halaman web , hanya bagian tertentu saja yang berubah tanpa mereload satu halaman penuh.
2. Aplikasi Web lebih responsif
Web yang dibangun dengan ajax lebih responsif disbanding website pada umumnya

Syarat mempelajari AJAX

Karena ajax sebenarnya hanyalah metode baru yang menggunakan teknologi lama, maka belajar AJAX (harusnya) tidak terlalu susah, karena AJAX bukanlah bahasa pemrograman, ajax adalah gabungan teknologi web seperti Javascript dan XML dan beberapa teknologi lain, maka bisa kita simpulkan, untuk mempelajari ajax, anda harus menguasai atau minimal tahu dengan teknologi berikut:
• HTML (Hypertext markup language)
• Javascript
• CSS
• XML

1 komentar: