Rabu, 15 April 2009

Joomla CMS

Keyword : Joomla, Content Management System (CMS), Web caching, RSS Feed, Versi Print

joomla cmsJoomla adalah salah satu Content Management System (CMS) yang paling populer saat ini karena banyaknya kelebihan yang dimilikinya. Fitur yang dimiliki Joomla diantaranya : Web caching, RSS Feed, Versi Print dari artikel, news flash, Blog, Polling, Internasionalisasi/ tersedia multibahasa, dan bisa diperluas atau dimodifikasi dengan extension/modul/plugin...


Berikut merupakan petunjuk untuk instalansi Joomla :
  1. Download file instalasi Joomla di http://www.joomla.org/download.html
  2. Kemudian ekstrak file Instalasi Joomla tersebut ke dalam direktori root web server. Jika anda memakai apache, ekstrak kedalam direktori htdocs.
  3. Rename folder hasil ekstraksi dengan nama joomla
  4. Pastikan webserver, PHP dan mySQL sudah berjalan dengan baik, setelah itu buka halaman http://localhost/joomla untuk memulai instalasi pada browser yang Anda gunakan.
  5. Instalasi joomla terdiri dari 7 tahap, yaitu :
  • tahap 1 adalah bahasa, pilih saja bahasa inggris biar standar.
  • tahap 2 berisi pre-check, disini installer akan mengecek apakah kebutuhan minimum server terpenuhi. Jika pada preinstalation cecksemua bertanda yes anda bisa lanjut kelangkah selanjutnya.
  • tahap 3 adalah lisensi, baca lisensid dari joomla, jika males baca klik next saja.
  • tahap 4 melakukan setting database mysql yang akan dipakai setting dengan parameter sbb : - database type:Mysql , host :localhost , user :root , passwd: // isi jika instalasi mysql anda diset menggunakan password , database: joomladb , pastikan anda sudah membuat database joomladb dulu, baik melalui phpmyadmin ataupun lewat cara manual dengan mysql client. Lalu klik next.
  • tahap 5 yaitu (FTP setting) pilih NO, karena kita tidak menggunakan layanan FTP. Kita pilih yes jika kita menginstall Joomla di webhosting.
  • tahap 6 yaitu berikan judul dari website anda dan masukan alamat email dan password administrator.
  • tahap 7 yaitu hapus folder instalasi. Instalasi selesai, silahkan buka halaman jomla anda dengan alamat http://localhost/joomla. Untuk melakukan setting lanjutan silahkan buka halaman http://localhost/joomla/administrator/

1 komentar:

  1. mo nanya
    klo di pake di blogspot knapa ga bisa ya?
    apa khusus untuk web atau web blog tertentu aja

    Terima Kasih

    BalasHapus