Rabu, 22 April 2009

Linux Edubuntu

Keyword : Linux Edubuntu, Distro Linux, CLI (Command Line Interface),

Linux Edubuntu

Edubuntu merupakan salah satu distro Linux yaitu sebuah sistem operasi linux dan program-program lainnya. Distro berisi antara lain kernel atau inti sistem operasi Linux, program berbasis teks atau CLI (Ccommand Line Interface), dan program berbasis grafis X-Window atau GIU (graphical user interface).

edubuntuPerbedaan utama distro satu dengan distro yang lain adalah cara kerja program untuk instalasi, atau menjalankan Linux di komputer.

Kelebihan Linux Edubuntu
Beberapa kelebihan distro Edubuntu antara lain sebagai berikut:
•cara instalasi relatif lebih mudah
•berbentuk sebuah CD dan antara distro Ubuntu, Edubuntu dan Kubuntu bisa saling melengkapi. Misalnya jika kita sudah menginstal Edubuntu di komputer, maka kita dapat menambah program – program berbasis KDE yang ada di Kubuntu dan sebaliknya.
•keamanan pada Sistem operasi Linux lebih unggul. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.
•Linux pada umumnya juga mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux.

Kekurangan Edubuntu
• Butuh pembiasaan pada user untuk dapat menggunakan Edubuntu apabila user masih lebih terbiasa dengan windows.
• Bila dibandingkan Windows, Proses instalasi software / aplikasi tidak semudah di Windows. Begitu juga dalam menginstal Hardware lainnya. Dan pada peroses instalasi akan lebih baik jika komputer yang digunakan terkoneksi dengan internet.
• Terdapat beberapa aplikasi pada Edubuntu masih butuh penyempurnaan untuk dapat digunakan dengan baik, yaitu antara lain aplikasi – aplikasi multimedia. Butuh penyempurnaan untuk dapat membuka file bertipe mpeg dan sebagainya.
• Begitu Edubuntu diinstal, belum dapat langsung bisa membaca atau membuka file harddisk yang menggunakan sistem file NTFS, hal itu dikarenakan sistem pemberkasan file pada Linux dan Windows berbeda.

1 komentar: