Jumat, 17 April 2009

VoIP

Keyword : VoIP, TCP/IP, VoIP Gateway

VoIP merupakan telephone internet yang beroperasi pada jaringan komputer berbasis internet dengan protocol TCP/IP dan merupakan teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP.


voipKonfigurasi VoIP yang ada di Depnakertrans menghubungkan kantor Kalibata dan Gatot Subroto menggunakan VoIP Gateway. Dari Handset/telepon biasa dihubungkan ke VoIP Gateway di Kalibata ke Gatot Subroto melalui Router melewati jaringan Leased Line yang sudah ada.

Keuntungan/kelebihan VoIP
Seperti telah disebutkan sebelumnya VoIP merupakan telephone internet yang beroperasi pada jaringan computer berbasis internet, sehingga operasionalisasi Voip yang ada dengan memanfaatkan/menggunakan jaringan yang sudah ada/jaringan Leased Line.

Kekurangan/keterbatasan VoIP
VoIP yang ada di Depnakertrans masih sangat sederhana karena menyesuaikan dengan dana yang ada. Peralatan yang ada juga sederhana masih menggunakan handset telepon biasa yang dihubungkan ke VoIP Gateway. Handset yang digunakan handset telepon biasa bukan khusus IP Phone juga PBX yang digunakan bukan IP PBX. Penerapan VoIP di Depnakertrans antar kedua kantor Kalibata dan Gatot Subroto bertujuan memotivasi pengembangan VoIP selanjutnya.

Alternatif VoIP
VoIP
merupakan teknologi komunikasi yang sedang berkembang saat ini. Banyak layanan aplikasi VoIP digunakan berkomunikasi secara gratis melalui komputer atau melakukan panggilan murah dari computer ke telepon. Ada satu system yang memungkinkan kita untuk bertelepon gratis dengan siapa saja di seluruh dunia, contohnya Skype, begitu juga Voip Rakyat, VoIP Merdeka. Selain itu dapat difungsikan sebagai messenger, media konferensi, atau alat untuk berkirim file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar